3 Penyebab Website Lemot – Banyak hal yang terjadi pada sebuah website. Misalnya, Website lemot merupakan salah satu masalah yang sangat mengganggu dalam SEO. Bukan hal aneh kalau website Anda awalnya dapat diakses dengan cepat kemudian jadi melambat atau lemot.

Permasalahan website lemot bisa terjadi karena ada beberapa faktor penyebabnya. Maka dari itu perlu menjadi perhatian untuk Anda mengetahui website sudah lemot dalam mengakses, karna pastinya akan mempengaruhi produktifitas bisnis Anda. Untuk itu simak pembahasan ini hingga selesai, apa saja yang menyebabkan website Anda lemot.

3 Penyebab Website Lemot

Siapa yang senang membuka website dengan loading yang cukup lama? Tentunya tidak ada orang yang suka menunggu. Website lemot bisa menurunkan rating Google rendah, akibatnya akan semakin meningkat bounce rate pada traffic website Anda. Ini yang akan menurunkan rating website Anda di Google menurun. Untuk mengurangi hal tersebut maintenance website sangat di anjurkan agar website bisnis Anda memiliki performa terbaik

Berikut beberapa penyebab situs web atau website menjadi lemot, yaitu terbagi menjadi 3 kategori.

  1. Website Akibat Server
  2. Website Akibat Kualitas Website
  3. Website Akibat Jaringan, Perangkat, dan Web Browser

Mari bahas satu persatu kategori di atas.

Website Akibat Server
  • Perfomer server yang rendah dapat menjadi salah satu penyebab utamanya website lemot. Ini lah mengapa jasa pembuatan website tangerang selatan selalu memperhatikan kapasitas RAM dan kecepatan prosesor untuk website yang kami buat. Apabila menggunakan server yang gratisan, sudah pasti kapasitasnya pun kecil. Apalagi website Anda di share ke beberapa website lain, ini akan berdampak pada website Anda yang semakin lemot.
  • Gunakan CDN (Content Delivery Network) seperti contoh CloudFlare. CDN ini bisa mempercepat loading website Anda dengan membuat pendek jarak antara lokasi pengunjung dengan server utama Anda. Anda buat cache website Anda dan simpan di dalam server mereka.
  • Perhatikan kapasitas hardisk penyimpanan data website Anda. Jika masih berada di antara 30 sampai 40 persen, masih terbilang aman. Karena biasanya kasus yang sering terjadi adalah banyaknya pembuatan file cache dan file backup yang memakan space cukup banyak.
  • Traffic website tinggi adalah keinginan dari jasa pembuatan website tangerang selatan maupun webmaster lainnya. Tapi siapa sangka, ternyata traffic website yang terlalu tinggi dapat mengganggu keseluruhan isi server. Solusinya jangan lagi memakai shared hosting, apalagi yang gratisan. Karena yang gratisan sudah pasti melayani banyak orang bukan hanya website Anda saja. Jadi jika website Anda terlalu tinggi, justru dapat menghancurkan isi server.
Website Akibat Kualitas Website
  • Menggunakan file gambar yang terlalu besar, ini salah satu alasan yang paling umum. Sebaiknya tidak menggunakan gambar dengan resolusi tinggi lebih. Dan juga hindari melakukan resize dengan cara hardcode, kalau bisa gambar yang tampil menggunakan gambar dengan resolusi dan ukuran yang sebenarnya. Artinya jika tidak maka  tampilan seolah – olah kecil, tapi server meloading agar gambar terlihat besar.
  • Cooding yang tidak efisien juga sangat berpengaruh. Misalnya pembuatan website Anda masing menggunakan coding dengan file CSS atau JavaScript.
  • CMS harus selalu di update. CMS yang paling popular digunakan adalah WordPress. Apabila website Anda selalu muncul update berarti CMS Anda terdapat beberapa masalah. Maka harus diupdate, jika tidak website Anda akan ada kemungkinan lemot.
  • Penggunaan Plugins yang terlalu banyak ternyata dapat membuat website lemot. Sebaiknya jangan menggunakan banyak plugins jika kegunaanya tidak terlalu banyak.
Website Akibat Jaringan, Perangkat, dan Web Browser
  • Jaringan yang lemot bisa jadi membuat website pun lemot. Namun, jika jaringan Anda lemot coba untu mengganti atau ubah jaringan. Anda juga dapat mencoba membuka website lain kalau memang jaringan Anda yang bermasalah, artinya ketika Anda mencoba membuka website lain pun akan lemot.
  • Perangkat lunaknya yang lemot. Misalnya laptop, komputer, atau handphone Anda bermasalah, Anda bisa menggunakan device lainnya.
  • Web browser seperti Chrome, Mozilla Firefox, dan lain – lain. Ada kemungkinan mengalami error, apalagi kalau digunakan pada laptop. Biasanya web browser sering melakukan update. Sebaiknya gunakan web browser yang paling update.

Nah, sekarang Anda bisa ukur dari mana permasalahn website Anda menjadi lemot. Maka, mulailah untuk mencari dan menggunakan server hosting yang baik.

Baca juga artikel kami : Cara mengembangkan website bisnis