Ada apa dengan Copywriting? ­– Berkembangnya zaman saat ini menjadikan banyaknya perubahan pada sektor industri. Banyak dari mereka memutuskan untuk memasukan unsur teknologi  kedalam workflow yang ada agar dapat membawa kemudahan. Tidak hanya dalam industri saja, berbagai macam profesi baru pun bermunculan sering berkembangnya teknologi.

Namun ditengah terpaan perkembangan diatas, sebenarnya ada pekerjaan yang tetap bertahan dan rasanya sulit untuk digantikan oleh mesin. Apa saja pekerjaan tersebut? Salah satunya ialah copywriting. Mungkin dari kalian bertanya – tanya ada apa dengan copywriting, apa sih itu copywriting. Mengapa dengan perkembangan zaman, pekerjaan ini tetap relevan dan tidak lekang dimakan oleh waktu, mari kita simak bersama – sama penjelasannya dibawah ini.

Ada apa dengan Copywriting?

Pertanyaan ini sering bermunculan ditengah – tengah masyarakat, khususnya yang belum mengenal dunia kreatif. Padahal kiprah copywriter (sebutan untuk profesi yang melakukan copywriting ) sudah berjalan sangat lama. Apalagi ketika industri agensi periklanan di Indonesia mulai berkembang. Disanalah peran dari copywriting sangat dibutuhkan.

Memang, copywriting sangat lazim digunakan dalam industri periklanan. Namun sebelum masuk lebih jauh lagi kedalam peran hal ini, alangkah baiknya kita akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian copywriting secara harafiah.

Copy merupakan sebutan untuk hasil tulisan yang dibuat oleh copywriter. Jadi copywriting adalah cara penulisan copywriting. Sebenarnya apa yang ditulis dalam copywriting? Tentu saja tulisan-tulisan atau rangkaian kata yang bisa menggugah atau mempersuasi orang untuk membeli, menggunakan, hingga mengenal lebih jauh tentang produk atau jasa yang dijual.

Jadi, ketika copywriting itu dilempar ke masyarakat, ada sebagian orang-orang yang tertarik terhadap produk atau jasa yang dijual setelah membacanya. Dengan kondisi inilah, copywriting menjadi bagian penting dalam industri periklanan.

Jenis Copywriting

Seiring berkembangnya teknologi, kini copywriting mengalami pertambahan jenis. Dari yang awalnya hanya digunakan untuk membuat sebuah tagline, slogan, dan materi promosi dalam bentuk konvensional lainnya, sekarang sudah lebih banyak lagi jenis copywriting yang wajib kalian ketahui, apakah saja itu :

  1. Landing page
  2. AdWords
  3. Facebook Ads
  4. YouTube Ads
  5. Iklan TV dan radio
  6. Konten website
  7. Konten media sosial (caption, copy dalam gambar media sosial, dan lainnya)
  8. Konten email marketing
  9. Press release

Dari penjelasan di atas sebenarnya bisa kita tarik satu kesimpulan: inilah yang membedakan copywriting dengan profesi atau pekerjaan lainnya. Ketika diterpa perkembangan zaman sekaligus teknologi, banyak pekerjaan yang berubah. Ada yang malah hilang karena sudah tidak dibutuhkan lagi. Namun tidak dengan copywriting. Teknik penulisan yang berbeda serta bisa berjalan bersamaan dengan perkembangan teknologi yang ada akhirnya menjadikan copywriting terus hidup hingga saat ini.

Jadi untuk kalian yang tertarik untuk terjun langsung ke industri krearif copywriting tidak perlu takut dengan perkembangan teknologi. Pekerjaan ini masih sangat relevan sampai ada penggantinya yang berupa mesin. Itupun pasti akan sangat sulit untuk dibuat oleh industri teknologi. Namun jangan lupa juga untuk kalian yang memang ingin masuk kedalam dunia industri yang satu ini, untuk selalu meningkatkan skill diri sendiri. Tingkatkan kemampuan kalian dalam merangkai kata – kata yang enak dibaca dan yang paling penting belajarlah mempersuasi orang.

Mungkin itu saja penjelasan mengenai copywriting dan teman – temannya. Semoga artikel yang telah kami buat kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua serta dapat menambah wawasan pengetahuan kalian mengenai teknologi.

WhatsApp chat