Asah kemampuan UI UX – Untuk Anda yang sering membuka website lowongan pekerjaan, pasti Anda pernah beberapa kali menemukan lowongan jabatan dengan tajuk “UI UX Designer” atau “UI Writer” dan lain sebagainya. Namun pastinya Anda masih bingung sebenarnya apa kegunaan dari jabatan tersebut. Dari segi namanya saja sudah sangat berbau dengan teknologi, pada dasarnya memang itu benar.

Belajar UI UX memang sangat berhubungan dengan teknologi, yakni membuat website dan aplikasi yang berkualitas, nyaman digunakan oleh para penggunanya, serta mampu memberikan solusi dari para klien.

Asah kemampuan UI UX

Untuk bisa belajar UI UX tentunya harus melalui beberapa tahap, tidak ada yagn semuanya instan. Anda tidak bisa langsung menjadi profesional UI UX, Anda diharuskan belajar dari dasar agar dapat memahami seluk beluk dari UI UX tersebut. Berikut kami bagikan kepada Anda semua cara memahami UI UX sebagai berikut.

Sebelum masuk ke bagian cara belajar UI UX, Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu UI dan UX. Pertama kita akan membahas UI. UI adalah akronim dari User interface. Sesuai namanya, UI itu meliputi keseluruhan aspek visual yang ada di dalam website atau aplikasi. Apa saja aspek visual yang biasa dikerjakan? Menu, warna, tulisan, tombol, hingga tipografi menjadi pekerjaain UI.

Seorang UI Designer yang baik harus tahu bagaimana membuat mockup atau prototype dari sebuah website/aplikasi hingga membuat desain yang nantinya dipakai. Jika semua hal di atas bisa dikerjakan oleh UI designer tersebut, dia mampu melakukannya di perusahaan mana saja.

Setelah mengetahui UI, sekarang saatnya masuk ke UX yang merupakan akronim dari User Experience. Seorang UX designer harus bisa memberikan kepuasan kepada para pengguna website dan aplikasi serta memberikan solusi atas masalah-masalah yang ada di dalamnya.

Biasanya, pekerjaan UX designer itu dimulai dari melakukan riset kepada pengguna (user research), memberikan desain yang sesuai permintaan untuk user interface, melakukan flow pekerjaan yang baik, dan melakukan tes dari website/aplikasi yang nantinya akan digunakan. Berbicara mengenai profesi ini, harus mampu mengetahui bagaimana membuat desain dengan acuan sosiologi dan psikologi sehingga menjadi efisien.

Bagaimana cara belajar UI UX

Untuk memahami metode pembelajaran UI UX, Anda jangan salah kaprah bahwa untuk menjadi UI dan UX designer yang baik harus mengenyam pendidikan formal yang sesuai. Ada cara-cara di luar itu yang bisa Anda pilih.

  • Belajar lewat materi online. Terdapat beberapa website yang menawarkan materi belajar UI dan UX, seperti Fundamentals of UX Design, Udemy, dan Lynda. Ada materi yang gratis dan ada juga yang berbayar. Jika memang serius ingin mengetahui ilmu ini, maka yang berbaya lebih dianjurkan.
  • Praktik menggunakan toolsAda beberapa tools yang biasa digunakan untuk UI dan UX yaitu Axure (membuat kerangka desain), Justinmind (membuat prototype website dan aplikasi), dan Balsamiq (membuat kerangka desain yang lebih simpel serta cepat). Jika memang ingin langsung praktik, sebenarnya Balsamiq lebih dianjurkan untuk pemula.
  • Gabung dalam komunitas. Ada juga berbagai komunitas UI dan UX designer yang bisa menjadi media untuk belajar. Anda bisa langsung belajar dari para ahlinya di sana.

Berikut merupakan penjelasan singkat mengenai UI UX yang dapat Anda pelajari, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan pengetahuan Anda mengenai teknologi.

WhatsApp chat