Google Analytics 360 dengan Google Analytics – Untuk anda yang belum mengetahui bahwa Google Analytics memiliki 2 jenis, berbayar dengan gratisan. Untuk versi yang gratis banyak sekali digunakan oleh kebanyakan orang dan sangat berguna membantu melihat trafic dari wesbite. Namun jika anda ingin menggunakan Google Analytics untuk keperluan bisnis, alangkah baiknya anda menggunakan Google Analytics 360.

Google Analytics 360 dengan Google Analytics

Mungkin dari kalian bertanya – tanya, apa sih perbedaan dari keduanya?, lebih unggul mana memang dari keduanya?. Untuk berbicara mengenai lebih baik mana, semua itu kembali lagi kepada kalian, apa dulu keperluan yang anda butuhkan baru kita bisa berbicara mengenai keunggulan serta kekurangan dari keduanya.

Namun untuk perbedaannya apa sih, nah pada artikel kali ini kami akan memberikan sedikit informasi kepada anda semua mengenai perbedaan dari Google Analytics 360 dengan Google Analytics gratisan. Mari kita simak artikel kami kali ini hingga akhir agar dapat menambah wawasan anda mengenai dunia Digital.

Data Collection

Dari kedua versi Google Analytics ini dapat mengumpulkan data dari situs web, aplikasi mobile IOS serta Android, hingga sumber data khusus melalui Protokol Pengukuran. Namun karena Google Analytics 360 berbayar sudah pasti memiliki batas pengumpulan data yang jauh lebih banyak dan luas.

Google Analytics 360 juga memiliki slot tambahan untuk akses data khusus (dimensi & metric khusus) serta lebih banyak memiliki fleksibilitas dalam mengatur data anda degan limit yang lebih tinggi untuk properti dan tampilan yang dapat anda miliki dalam sebuah akun.

Untuk anda yang menjadi pelanggan Google Analytics juga dapat membuat Roll-up Properties, yang dapat menggambungkan data dari beberapa properti secara bersamaan, hal ini sangatlah bermanfaat sekali untuk organisasi besar.

Importing Data dan Integrasi Produk

Google Analytics memiliki berbagai macam bentuk integrasi dengan platform Iklan Google. Untuk anda yang sudah dalam berkecibung dalam dunia iklan pasti sudah tidak asing dengan integrasi Iklan Google.  Hal ini merupakan integrasi dua arah yang akan saling mengimpor data dari Iklan ke Analytics, serta memungkinkan ekspor remarketing audiens berdasarkan data Analytics ke Iklan.

Google Analytics 360 mencangkup beberapa fitur untuk Iklan Google dan juga dapat anda gunakan untuk produk iklan perusahaan Display & Video 360, Manajer Kampanye (sebelumnya DoubleClick for Advertisers), dan Google Ad Manager.

Google Analytics juga sangat memungkinkan anda melakukan impor data dari sumber data khusus. Termasuk data biaya dari iklan, data produk atau konten, dan lain sebagainya. Kemudian Google Analytics 360 meningkatkan fitur ini dengan sebutan query-time import, yang artinya kita dapat melihat data historis dalam laporan bersamaan dengan data yang baru diimpor, bahkan bila telah terjadi perubahan atau pembaruan impor data yang sudah dikumpulkan dari awal tadi.

Report Yang Lebih Baik

Pada dasarnya memang Google Analytics 360 ini memiliki bentuk report yang sama dengan Google Analytics gratisan, namun dalam Google Analytics 360 ini terdapat peningkatan dalam pengumpulan data dan kemampuan impor diatas Google Analytics gratisan. Namun dalam Google Analytics 360 terdapat beberapa tambahan tool tambahan.

Combating Sampling

Google Analytics 360 memiliki fungsi untuk mengumpulkan lebih banyak data serta Google Analytics 360 juga dirancang untuk menangani volume data dengan jumlah yang sangat besar.

Google Analytics 360 dapat meningkatkan batas dari pengambilan jumlah sampel menjadi jauh lebih luas. Manfaat lain yang sangat berguna adalah, mereka telah memindahkan pengambilan sampel ke view level, yang berarti Anda dapat membantu mengurangi pengambilan sampel di interface dengan menambahkan filter tampilan, tidak diperlukan perubahan pada website. Jika Anda masih melakukan pengambilan sampel, Google Analytics 360 juga memiliki sejumlah tool tambahan untuk mencegah atau menghilangkan proses pengambilan sampel, seperti Tabel Kustom.

Google BigQuery

Google Analytics 360 juga memungkinkan untuk mengumpulkan data pada hit-level untuk secara otomatis diteruskan dari Google Analytics menuju Google BigQuery, penyimanan data terbesar Google. Hal ini sangat memungkinkan berjalankan proses analisis yang lebih kompleks atau dapat berperan sebagai saluran untuk mengekspor lebih banyak granular data ke dalam data warehouse.

Pada dasarnya Google Analytics 360 memungkinkan Anda untuk mengolah data dalam jumlah yang lebih banyak. Selain itu juga bisa mengolahnya dengan lebih gampang dibanding menggunakan Google Analytics versi gratis. Google BigQuery juga dapat memperlancar proses analisa data yang lebih kompleks, dan cocok untuk digunakan perusahaan-perusahaan untuk mengolah data mereka lebih luas lagi.

Nah, berikut merupakan penjelasan mengenai Google Analytics 360 dengan Google Analytics. Jika artikel kami kali ini belum menjawab pertanyaan – pertanyaan dari anda, silahkan anda berkonsultasi lebih lanjut kepada kami.

WhatsApp chat