Media sosial adalah alat pemasaran yang hebat, membuat konten eksklusif pada media sosial Banyak memberikan manfaat namun banyak bisnis lokal tidak memanfaatkan sepenuhnya. Seringkali mereka berpikir bahwa karena mereka adalah bisnis kecil atau karena mereka hanya memiliki pelanggan lokal bahwa media sosial tidak penting. Ini jauh dari kebenaran. Sebenarnya, dengan persaingan kecil semacam itu di media sosial dari bisnis lokal lainnya, sebenarnya ini adalah salah satu alat pemasaran terbaik yang Anda miliki. Anda tidak hanya bisa berhubungan langsung dengan pelanggan Anda di lingkungan yang tidak kompetitif, tapi juga gratis dan hanya memerlukan sedikit waktu Anda.

APA KONTEN EKSKLUSIF SOSIAL MEDIA?

Membuat konten eksklusif pada media sosial secara khusus untuk platform media sosial dan tidak dibagi di tempat lain, bahkan di media sosial lainnya.

MENGAPA MEMBUAT KONTEN EKSKLUSIF PADA MEDIA SOSIAL ?

Jenis konten ini sangat menarik karena memanfaatkan platform secara penuh dan berbicara kepada pengguna sesuai dengan keinginan mereka untuk berkomunikasi. Di masa lalu, Anda bisa berargumentasi bahwa media sosial ditujukan untuk orang muda, tapi akhir-akhir ini benar-benar semua orang menggunakan media sosial, bahkan lebih, platform yang tidak dewasa seperti Snapchat. Sangat jarang Anda memiliki kesempatan untuk memasukkan konten secara langsung di depan audiens target Anda saat mereka menjaga mereka. Ini seperti memiliki akses instan ke inbox email mereka. Anda tidak hanya dapat menggunakan ini untuk mempromosikan bisnis Anda, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk menghibur mereka, memanusiakan perusahaan Anda dan memberi mereka informasi tentang industri ini.

PLATFORM KHUSUS

Di antara bisnis yang menggunakan media sosial salah satu kesalahan paling umum dan hampir yang paling merugikan yang mereka buat adalah menggunakan konten yang sama di berbagai platform. Masalah pertama dengan ini adalah bahwa Anda cenderung memiliki crossover yang signifikan dalam pengikut di antara platform. Ini berarti Anda menunjukkan konten yang sama beberapa kali dan mereka cenderung merasa frustrasi saat ini dan mulai menggulir konten Anda sebelumnya. Namun, sama pentingnya orang mengharapkan bentuk komunikasi yang berbeda pada berbagai platform. Anda tidak akan berbicara dengan rekan kerja Anda di kantor dengan cara yang sama seperti Anda berbicara dengan mereka setelah berjam-jam di bar. Anda perlu menyesuaikan pesan Anda ke platform dan berbaur di antara orang lain yang mereka ikuti di platform ini.

 

Membuat Konten Eksklusif Pada Media Sosial

 

INSTAGRAM

Instagram adalah semua tentang gambar. Gambarnya harus luar biasa, dan teksnya seharusnya tidak sama panjangnya seperti di Facebook. Semakin banyak perusahaan menciptakan video gaya Snapchat kecil juga bekerja dengan baik di Instagram. TWITTER Twitter bukan tempat bagi Anda untuk mempublikasikan sebuah komentar panjang, bukan hanya karena ada batas karakter yang ketat, tapi karena terlalu cepat mondar-mandir. Poskan video atau gambar, tapi lebih dari ini adalah kesempatan Anda untuk menciak langsung ke pelanggan yang berbicara tentang area lokal atau bisnis Anda.

FACEBOOK

Seperti semua platform media sosial yang berbeda, Facebook memiliki sub-budaya dan harapannya. Saat Anda mengeposkan di Facebook, tidak masalah menggunakan teks dalam jumlah besar, namun pastikan untuk menyertakan video atau gambar dengannya. INSTAGRAM Instagram adalah semua tentang gambar. Gambarnya harus luar biasa, dan teksnya seharusnya tidak sama panjangnya seperti di Facebook. Semakin banyak perusahaan menciptakan video gaya Snapchat kecil juga bekerja dengan baik di Instagram.

TWITTER

Twitter bukan tempat bagi Anda untuk mempublikasikan sebuah komentar panjang, bukan hanya karena ada batas karakter yang ketat, tapi karena terlalu cepat mondar-mandir. Poskan video atau gambar, tapi lebih dari ini adalah kesempatan Anda untuk menciak langsung ke pelanggan yang berbicara tentang area lokal atau bisnis Anda.

SNAPCHAT

Snapchat pada dasarnya menciptakan selfie ikonik dan video pendek. Saat Anda mengeposkan di platform ini, pastikan Anda menggunakan filter secara lengkap dan membalas pelanggan untuk mengirim iklan ke akun Anda. Seperti Instagram, konten pribadi bekerja paling baik di Snapchat, jadi tunjukkan beberapa orang di belakang perusahaan!

DOKUMEN

Salah satu saran terbaik yang pernah kami baca adalah dari Gary Vaynerchuk, dan dia mengatakan bahwa Anda harus mendokumentasikan dan bukan menciptakannya. Yang dimaksud dengan ini adalah bahwa Anda tidak perlu membuat konten yang besar, sebagai gantinya, mendokumentasikan apa yang telah dilakukan bisnis Anda tapi apa yang tidak dapat dilihat publik. Ini fantastis karena itu berarti Anda tidak perlu mengubah apapun yang Anda lakukan, cukup arahkan kamera pada apa yang sudah terjadi dan letakkan secara online. Katakanlah Anda memiliki restoran. Semua pelanggan Anda lihat adalah 90 menit saat mereka berada di gedung, dan mereka hanya menerima makanan dan menikmatinya. Tapi jika Anda bisa syuting di balik layar dan menunjukkan kepada mereka bagaimana memasaknya, tunjukkan koki menuangkan sausnya, mendokumentasikan bahan yang dikirimkan, orang akan terpesona. Mereka tidak hanya akan terpesona, tapi juga kelaparan, mereka akan menunjukkannya kepada teman mereka, dan mereka akan memutuskan bahwa mereka layak mendapat hadiah malam ini!

KESIMPULAN

Media sosial adalah peluang yang sangat besar bagi bisnis dan jika Anda tidak memanfaatkannya, maka salah satu pesaing Anda akan melakukannya. Anda pun dapat membaca juga bagaimana social signal mempengaruhi SEO

 

 

Sumber : https://www.snapagency.com/blog/social-media-exclusive-content

 

WhatsApp chat