Pentingnya menggunakan Heading Tag untuk SEO – Dalam rangka mengoptimasi on page pada SEO, terdapat banyak faktor yang harus Anda perhatikan. Mulai dari Title Tag hingga Author dari artikel atau konten tersebut. Salah satu faktor yang cukup penting adalah heading tag. Pentingnya heading tag akan terasa ketika robot crawler Google mencoba untuk mengerti maksud dari konten Anda. Maka sangat penting bagi para optimizer untuk mengoptimasi faktor ini.

Biasanya elemen heading akan biasa disebut sebagai H1 sampai H6 tergantung berapa banyak yang ada di konten Anda, ini akan menunjukkan heading bagian konten. Urutan dan posisi dari heading tidak terlalu dipermasalahkan oleh HTML DTD, Anda bisa saja meletakan H1 di bagian bawah webpage Anda untuk kepentingan UX, namun jika Anda membuat sebuah artikel, maka akan lebih baik jika Anda membuatnya secara berurutan mulai dari H1-H3 misalnya.

Pentingnya menggunakan Heading Tag untuk SEO

Bila melihat sudut pandang SEO, setelah title tagheading tag bisa menjadi fokus kita selanjutnya, dan mungkin bisa menjadi elemen paling terpenting dari keseluruhan konten di web page Anda. Tiap elemen heading mulai dari H1 hingga elemen seterusnya akan memperkenalkan konten yang mengikutinya. Yang akan bisa mengidentifikasi konten yang ada dibawahnya.

Namun, pentingnya heading tag dianggap sedikit berbeda oleh mesin pencari. Semakin tinggi peringkat elemen heading tag semakin penting bagi mesin pencari. Oleh karena itu optimasi pada H1 dianggap sangatlah berpengaruh.

Salah satu hal yang direkomendasikan oleh Google adalah hanya menggunakan H1 di web page Anda. Sangat cocok bila diterapkan di halaman produk atau jasa Anda, sehingga bisa mendapatkan ranking yang tinggi pada halaman hasil pencarian.

Penggunaan Heading Tag

Karena pentingnya heading tag untuk halaman serta konten Anda, maka penggunaan heading tag dengan baik akan sangat membantu. Anda tidak perlu menggunakan heading tag yang terlalu banyak. Biasanya cukup dengan satu H1 yang sudah dioptimasi dengan keyword dan ditambah dengan H2 dan H3 yang akan menunjukan isi dari konten halaman.

Satu hal lagi yang bisa Anda lakukan, ialah menggunakan CSS (Cascading Style Sheets), yang dirancang untuk menjelaskan preferensi ukuran huruf sesuai dengan elemen seperti H1 dan seterusnya.

Membuat H1 yang Baik

Seperti yang sudah disebutkan, mesin pencari menganggap H1 sebagai elemen heading tag yang paling penting. Oleh karena itu sangat penting untuk mengoptimasi hal ini untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah :

  • Masukan keyword

Keyword akan sangat bermanfaat dalam mengoptimasi H1 konten Anda. pastikan H1 Anda memiliki keyword didalamnya. Namun jangan sampai berlebihan.

  • Jumlah Kata

Sebenarnya tidak ada aturan khusus untuk hal ini, namun pastikan H1 Anda tidak terlalu panjang sehingga akan terlihat tidak enak untuk dibaca, atau terlalu ringkas sehingga tidak ada informasi yang jelas dari H1 Anda.

  • Informatif

Pastikan H1 Anda berisi hal yang jelas dan bisa memberikan informasi mengenai isi dari konten Anda. Jangan sampai H1 Anda membingungkan para pembaca dalam memahaminya.

Mungkin itu saja penjelasan yang dapat kami sampaikan pentingnya menggunakan heading tag sering kali dilupakan oleh kebanyak orang. Mulailah dari sekarang menggunakan heading tag demi terciptanya konten yang baik dimata robot Google. Sekian dari kami semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Call
Whatsapp
WhatsApp chat