Share For Your Friends !!

Mungkin masih banyak dari kalian yang belum mengenal apa itu SEO bukan? Baiklah sebelum kami menjelaskan cara kerja dari SEO, akan kami jelaskan terlebih dahulu kepada kalian semua apa itu SEO.

Apa itu SEO yang Sebenarnya?

Search Engine Optimization atau yang biasa disebut dengan SEO merupakan strategi yang banyak dilakukan oleh banyak orang untuk mengoptimasi sebuah Website atau Blog yang berada pada mesin pencari Google.

Banyak para pakar SEO melakukan berbagai macam strategi tak lain untuk bisa mendapatkan peringkat pertama di halaman pertama pada mesin pencari. Memang kenapa dengan peringkat pertama atau halaman pertama? Jelas saja dengan kita memiliki peringkat pada mesin pencari Google, usaha kita atau bisnis kita pun dapat lebih mudah menjangkau konsumen lebih luas lagi.

SEO juga sering digunakan untuk mendapatkan trafik pengunjung pada website yang sesuai dengan target pasar apa yang kita inginkan. Misalkan Anda memiliki usaha baju, Anda dapat menargetkan konsumen seperti apa yang ingin Anda jangkau dengan SEO ini.

Untuk mendapatkan sejumlah trafik website yang tinggi tentunya tidaklah hal yang mudah. Pentingnya mengenal Algoritma Google juga dapat membantu kegiatan SEO Anda agar lebih lancar lagi.

Perlu Anda semua ketahui, SEO bukanlah strategi yang tepat untuk bisnis apabila Anda tipikal orang yang tidak sabaran. Cara kerja SEO ini tidaklah Instan membutuhkan waktu 6-12 bulan (tergantung tingkat kesulitan) untuk website berada pada peringkat mesin pencari Google.

Cara Kerja SEO yang penting Anda Ketahui

Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kepada Anda semua, mengenai cara kerja SEO dan hal apa yang harus Anda lakukan jika ingin website Anda masuk pada peringkat pertama Google. Dengan begitu Anda dapat tahu dengan betul alur dan juga proses dari SEO itu apa.

  1. Pahami dengan baik Cara Kerja SEO pada Mesin Pencari

Untuk langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menganalisa terlebih dahulu mesin pencari yang akan Anda gunakan. Agar strategi SEO yang akan Anda jalani tidak salah alangkah baiknya Anda mengenal 5 proses indeks konten yang berpengaruh terhadap SEO.

  • Crawling

Cara kerja SEO yang satu ini sangatlah penting untuk Anda pahami, Crawling atau yang biasa disebut penyerapan merupakan proses pertama dimana terjadinya pengambilan data pada halaman website mulai dari data halaman Homepage, blog post, label, hingga halaman statis akan di serap olehnya.

Baca Juga: Tips SEO untuk Meningkatkan Traffic Website

Kita ambil ilustrasi nya disini adalah mesin pencari Google. Mesin pencari terkenal ini telah memasang perangkat lunak penyerap yang disebut crawler, spider, atau Google Bot. Bot Google akan merayapi semua halaman situs web dalam basis datanya. Proses penyerapan mencakup konten dari artikel yang baru diterbitkan atau konten lama yang diperbarui di web.

Dari review ini kita tahu bahwa ada Google Bot yang selalu berhenti untuk memeriksa dan merayapi setiap kali kita mengupdate sebuah artikel.

  • Pengindeksan

Cara kedua SEO bekerja adalah pengindeksan. Tujuan pengindeksan adalah proses pembuatan indeks untuk semua halaman situs web yang telah diserap oleh bot Google dan disimpan dalam penyimpanan data yang disebut database mesin pencari.

Di SEO, kita mengenal riset kata kunci. Nah, proses pengindeksan ini akan menyimpan halaman artikel Anda berdasarkan konten artikel yang Anda buat dari tag judul, deskripsi, dan komponen konten lainnya di database mesin pencari.

  • Pengolahan

Tahap ketiga, cara kerja SEO sangat familiar dan sering Anda praktekkan, yaitu ketika Anda menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi yang Anda butuhkan. Misalnya, jika Anda ingin mencari informasi tentang cara kerja SEO, maka mesin pencari akan melakukan tahap ketiga yaitu pengolahan.

Baca Juga: SEO dan SEM Manakah yang lebih Menguntungkan?

Processing adalah cara kerja ketiga dimana mesin pencari Google menerima permintaan dari pengguna mesin pencari (user) yang mengetikkan kata kunci ke dalam kolom pencarian. Mesin pencari Google pertama-tama akan memproses kata kunci yang dicari pengguna dengan membandingkannya dengan daftar permintaan pencarian dengan halaman web relevan yang berisi konten yang dicari pengguna.

  • Perhitungan Relevansi

Tahap selanjutnya adalah perhitungan relevansi. Ketika pengguna mesin pencari mengetik kata kunci atau kata kunci ke dalam kotak bilah pencarian Google dan mengklik Enter, terjadi alur kerja SEO untuk menghitung relevansi kata kunci dengan konten situs web mesin pencari yang sudah disimpan dalam database indeks mesin pencari.

  • Pemulihan hasil

Langkah terakhir dan paling ditunggu dari cara kerja SEO adalah mendapatkan hasil. Pada fase ini, kata kunci yang telah diketikkan pengguna ke dalam kotak bar mesin pencari akan menampilkan hasil pada halaman pencarian dengan tingkat relevansi yang sesuai berdasarkan kata kunci yang telah diolah sebelumnya, yang kemudian ditampilkan pada daftar 10 besar atau indeks situs web yang menurut Google adalah yang terbaik dari segi kualitas konten, optimasi SEO dan pencocokan kata kunci yang diketik pengguna.

Sebagai informasi tambahan, daftar 10 halaman teratas atau hasil indeks tidak permanen, karena banyak pemilik situs bersaing untuk mendapatkan kata kunci kompetitif dengan angka pencarian bulanan yang tinggi. Oleh karena itu, Google secara rutin mengupdate atau memperbaharui algoritma mesin pencarinya dengan tujuan agar pengguna mendapatkan konten informasi yang relevan, bermanfaat dan dapat dipercaya oleh pengguna.

  1. Pastikan untuk melakukan penelitian kata kunci

Kedua, pastikan Anda melakukan riset kata kunci Google untuk konten yang ingin Anda buat. Misalnya, carilah kata kunci yang memiliki potensi pencarian tinggi. Bagaimana cara melakukan penelitian kata kunci? Mudah saja, tinggal pilih kata kunci yang memiliki pencarian bulanan tinggi. Setelah Anda menemukan kata kunci utama yang Anda targetkan, jangan lupa untuk mengoptimalkan nya dengan tambahan dukungan kata kunci turunan dan LSI untuk konten artikel SEO yang lebih kuat.

  1. Buat struktur konten artikel SEO yang mudah diikuti dan optimalkan penempatan kata kunci

Tips ketiga, konten yang bagus memiliki struktur yang mudah diikuti. Biasanya, artikel yang bagus terdiri dari paragraf pembuka, isi, dan paragraf penutup. Untuk optimasi kata kunci, Anda bisa meletakkan kata kunci di tag judul, 100 kata pertama, heading, isi konten di tengah artikel, dan di akhir paragraf. Mudah, bukan?

  1. Optimalkan SEO on page dari artikel yang Anda buat

Untuk segmen keempat ini, Anda bisa mengoptimalkan sisi SEO halaman dengan membuat konten yang berkualitas, SEO friendly, dan jangan lupa untuk memberikan user experience terbaik pada artikel yang Anda buat, misalnya dengan menambahkan gambar, animasi, atau lainnya mendukung isi. Selebihnya, cara melakukan SEO on page, khususnya dalam optimasi penempatan kata kunci, bisa Anda simak ulasannya di poin ketiga.

  • Buat backlink berkualitas tinggi

Cobalah untuk membuat backlink untuk konten yang Anda buat. Mengapa ini penting? Nah, jawabannya mudah, semakin banyak artikel Anda dijadikan referensi di website lain, maka semakin tinggi otoritas konten berkualitas yang Anda buat.

Baca Juga: Apa Itu Local SEO Dan Bagaimana Cara Kerjanya

Fokus membangun backlink dari website otoritas tinggi baik dari segi konten website dan halaman, relevansi link, penempatan link, dan anchor text yang digunakan. Jika Anda tertarik untuk mengetahui berapa banyak backlink yang Anda miliki, Anda dapat menggunakan backlink checker yang tersedia di Google. Jika ingin mendapatkan backlink dengan cepat, kamu bisa cek layanan backlink di digital marketing agency lho.

Dari uraian 5 cara kerja SEO di atas, Anda akan memahami bahwa meningkatkan peringkat mesin pencari situs web bukanlah hal yang mudah dan instan yang dapat diselesaikan sekali dengan optimasi, tetapi ada beberapa alur. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat untuk Anda, nantikan konten kami selanjutnya yang lebih bermanfaat lagi dari ini.