Share For Your Friends !!

Cara Membuat Artikel SEO Friendly – Artikel SEO friendly adalah artikel yang dibuat sesuai dengan teknik Search Engine Optimization (SEO) agar mesin pencari dapat dengan cepat mengenali isi artikel tersebut.

Mesin pencari seperti Google akan merekomendasikan artikel SEO friendly kepada pengguna internet berdasarkan keyword yang relevan. Bagaimana cara menulis artikel yang SEO friendly? Ikuti tips ini!

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

  1. Riset Keyword

Sesuai dengan namanya, keyword merupakan salah satu kunci terpenting dalam membuat artikel yang SEO friendly. Agar artikel Anda mendapatkan banyak pembaca dan mendapatkan banyak lalu lintas, Anda perlu menentukan keyword yang ditargetkan. Itulah mengapa sangat penting untuk meneliti keyword yang populer dan berkinerja baik.

Keyword populer yang belum banyak diulas oleh situs web lain memiliki peluang lebih tinggi untuk mencapai halaman Google terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan alat penelitian keyword gratis seperti Google Trends, Ubersuggest, dan KWFinder.

  1. Daftar keyword

Untuk menulis artikel yang SEO friendly, penyebutan keyword atau keyword harus dilakukan lebih dari satu kali. Namun, mengulang terlalu banyak keyword juga tidak disarankan karena ini akan mengoptimalkan artikel Anda secara berlebihan dan mengurangi kenyamanan pembaca.

Secara umum, penyebutan keyword sekitar 0,5-1% dari jumlah kata sebuah artikel. Misalnya, untuk artikel 1000 kata, pengulangan keyword sekitar 5-10 kali. Penempatan keyword juga harus diatur agar merata di seluruh badan artikel sehingga tidak ada yang bertumpuk di satu tempat.

  1. Optimalisasi judul artikel

Judul artikel atau headline 1 harus diperhatikan saat membuat artikel SEO friendly. Selain membuat judul yang menarik dan relevan dengan konten artikel, Anda juga harus memasukkan keyword dalam judul artikel.

Perhatikan juga panjang judul artikel karena akan mempengaruhi algoritma mesin pencari. Judul yang terlalu pendek dan terlalu panjang akan menurunkan performa artikel menurut mesin pencari. Usahakan judul artikel antara 60-75 karakter, termasuk keyword yang dibidik.

  1. Gunakan subjudul

Adanya subheading atau heading 2 dan 3 sangat membantu dalam membuat artikel yang SEO friendly. Selain itu, artikel dengan format listicle terbukti memiliki performa yang lebih baik menurut algoritma mesin pencari.

Anda harus menyusun artikel Anda sedemikian rupa sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Sebaiknya setiap subjudul berisi paragraf yang seimbang. Pembahasan yang terlalu panjang dalam satu subjudul juga sebaiknya dihindari.

  1. Pengoptimalan gambar

Kehadiran ilustrasi atau foto dalam artikel akan meningkatkan minat pembaca. Selain itu, penempatan gambar pada badan artikel juga berfungsi sebagai rehat bagi pembaca untuk menghindari kebosanan dan kepenatan saat membaca artikel.

Tahukah Anda bahwa gambar juga dapat dioptimalkan untuk mendukung pembuatan artikel yang SEO friendly? Sebelum mengupload file gambar ke website, sebaiknya ganti nama file sesuai keyword artikel. Maka Anda perlu menyertakan penyebutan keyword dalam deskripsi gambar dan gambar ALT.

Setelah Anda menulis artikel yang SEO friendly, Anda bisa menerapkan teknik SEO on-page lainnya, seperti menambahkan tautan eksternal dan internal pada badan artikel yang telah dibuat. Pastikan link yang Anda sematkan menuju artikel yang relevan dengan artikel Anda agar performa konten lebih layak menduduki peringkat pertama di Google.

Membuat artikel yang SEO friendly bukan berarti tulisan untuk dibaca oleh mesin pencari, sehingga mengabaikan kualitas tulisan. Dengan banyak latihan dan pengalaman tambahan, Anda masih bisa menulis salinan bagus yang mudah dibaca dan SEO friendly.