Share For Your Friends !!

Google merupakan search engine yang paling banyak sekali dikunjungi oleh banyak orang. Sejalan dengan tujuan utama search engine ini, yakni menyajikan hasil paling relevan kepada setiap penggunanya, maka Google sendiri pun rutin untuk melakukan Update Algoritmanya untuk memberikan kepuasan kepada para penggunanya.

Pada bulan September 2022 lalu, Google telah merilis Core Update. Para SEO Profesional pun menanggapi hal ini dengan positif walaupun terdapat juga beberapa yang diam saja bahkan hingga kesel.

Memang apa saja yang telah dilakukan pembaruan oleh Google ini di bulan September 2022? Mari kita bahas bersama Update Algortma Google terbaru tahun 2022.

Core Algorithm Update

Untuk Anda yang belum menekuni dunia SEO dengan lama, Core Algorithm Update adalah pembaruan yang Google lakukan ketika terdapat perubahan yang cukup besar terkait dengan Search Engine Result Page (SERP).

Google pun mengumumkan pembaharuan ini melalui akun Twitter Google Search Central pada bulan September 2022 lalu.

Update Algoritma Google terbaru 2022 yang penting Anda ketahui

Lalu apa saja yang berubah?

Core Update mengubah banyak hal dari bagian Algoritma Google dan bukan hanya satu saja yang berubah.

Hasil Update Algoritma dapat terlihat dalam beberapa hari ke depan pada saat perubahan ini sudah masuk ke data Center.

Memang untuk saat ini masih belum ada lanjutan kabar apapun terkait perubahan dan dampak apa saja yang terjadi di SERP secara global maupun bahasa.

Baca Juga: Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Namun karena jenis update kali ini terbilang umum, nampaknya update kali ini dapat mempengaruhi search result di sebagian besar bahasa.

Core Update mempengaruhi Helpful Content

Baru ini Danny Sullivian membuat Tweet yang berkaitan dengan jawaban mengenai efek dari helpful content update yang terjadi pada bulan September 2022 core update ini

Dari Tweet Danny ini berbunyi seperti berikut:

“Mungkin sinyal helpful content sendiri saja tidak cukup untuk memberikan pengaruh dan perubahan dalam situasi tertentu seseorang, tapi ketika kami melakukan update lainnya (core, product review), mungkin akan ada pengaruh tambahan dan lebih signifikan.”

Dari pernyataan diatas memang seperti nampak umum akan tetapi bagaimana pun kia tidak boleh menganggap sebuah Update akan lebih terasa jika dibarengi dengan Core Update.

Konon, helpful content merupakan bagian inti dari core algorithm update dan akan terus berjalan hingga terdapat website baru yang terdampak oleh komponen algoritma yang dikenal dengan sebutan Helpful Content Update (HCU).

Namun perlu Anda ketahui, anggapan helpful content adalah bagian dari September 2022 core Update ini hanyalah asumsi hingga Google memberikan pernyataan resminya seperti apa.

Terlepas dari sejumlah prediksi mengenai HCU akan mengubah dunia Industri SEO, kini search community (komunitas pencari) menanggapinya dengan rasa ragu.

Beberapa orang berpendapat bahwa mereka ingin agar HCU dapat lebih berpengaruh dengan adanya core update, akan tetapi Roger Montti tidak setuju dengan pernyataan tersebut.

Mengapa demikian? Karena sebelumnya Roger pernah menyatakan pendapat tentang HCU di akun Facebook miliknya berdasarkan performa update sebelumnya.

“Rangkaian Review Update Google sebelumnya tampak hanya memengaruhi halaman yang sangat jelas (pelanggarannya). Jadi, berdasarkan performa update tersebut, saya pesimis dengan pengaruh Helpful Content Update.

Jadi saya berpikir update ini hanya akan seperti film jadul-nya Humphrey Bogart, Casablanca, ketika pihak berwenang bergerak hanya untuk menangkap tersangka yang biasa (tidak spesial).”

Pada saat review dan berbagai algoritma update untuk memberantas spam, tidak semua jenis industri dapat terkena dampaknya, hanya sebagian saja, itupun karena jenis pelanggarannya sudah sangat jelas.

Sehingga Roger merasa bahwa HCU tidak akan memberikan banyak dampak terkait website secara keseluruhan.

Lalu apa yang perlu kita lakukan terkait Core Update ini?

Untuk saat ini belum ada saran apapun untuk merespon September 2022 Core Update ini. Karena beberapa pemain affiliate marketing juga masih diam saja tak bersuara.

Alangkah baiknya jika saat ini Anda fokus, waspada dan melakukan cek akun Google Search Console Anda, terdapat perubahan atau tidak.

Kemudian Anda dapat menunggu apakah dalam beberapa waktu dekat ini SERP mengalami bounce atau guncangan di beberapa minggu ke depan.

Biarkan update ini selesai terlebih dahulu, sebelum kita mencoba memecahkan masalahnya jika ada.

Itu dia beberapa informasi yang dapat kami sampaikan terkait Update Algoritma Google tahun 2022 ini. Nantikan berbagai macam informasi menarik lainnya yang akan kami bagikan di laman resmi kami Nusantara Art Media.